Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Senin, 13 Januari 2014

Menjadi blogger sukses

           12 comments   
Bagi seorang blogger, siapa yang tidak ingin blognya menjadi populer dan setiap tulisan mereka hasilkan menjadi rujukan? Untuk mendapatkan semua itu memang butuh proses dan diperlukan tips-tips tersendiri.

Tips ini sebenarnya sudah sangat umum, dan lumrah digunakan oleh  seorang blogger yang hanya sekedar hobi, atau memang sudah menjadi profesi. Disini saya coba sajikan kembali ringkasan tentang "Tips menjadi seorang blogger sukses", yang ditulis oleh Daniel Scocco, dimana tulisan-tulisan yang dia hasilkan banyak sekali yang dijadikan rujukan para top blogger dunia.

Tips tersebut tidak saya sajikan secara detil, tetapi hanya ringkasan dan gabungan tips yang saling terkait agar lebih memudahkan. Adapun tips-tips yang dikemukakan itu diantaranya:

- Mulailah menyiapkan sebuah blog untuk menulis apa-apa yang kita suka, dan yang kita kuasai.

- Kalau memungkinkan sebaiknya menggunakan domain pribadi, karena ini mencerminkan keseriusan seorang tersebut dalam mengelola blog mereka.

- Domain tersebut sebaiknya simple dan mudah diingat, serta mencerminkan isi blog kita secara keseluruhannya agar lebih mudah dikenal.

- Konsisten dalam melakukan penulisan. Dalam hal ini, idealnya kita memposting artikel minimal 5 kali dalam seminggu. Sebelum memposting artikel yang telah disiapkan, jangan mengabaikan koreksi terhadap tulisan tersebut. Koreksi ini bisa dari penentuan judul, dan tata bahasa digunakan agar mudah dimengerti pembaca, serta meninjau kembali struktur kalimat, dan tema yang akan disajikan.

- Saling berinteraksi dengan blogger lain dengan memberikan komentar cerdas, positif, menarik, enerjik, dan kalau perlu selingi dengan humor segar, sekedar mencairkan suasana. Akan lebih baik lagi kalau kita bisa menjadi komentator pertama di blog mereka.

- Backup blog untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi. Setup template yang menarik, tidak norak, ringan, dan hindari widget-widget yang tidak penting. Karena pada dasarnya seorang blogger itu tidak menyukai blog yang mereka kunjungi tersebut berat, norak, dan membingungkan.

- Tentukan niche (topik) yang menarik serta tidak kontroversi,

- Gabung di forum-forum sejenis, tinggalkan jejak blog kita agar mudah ditelusuri, dan yang perlu diingat dalam sebuah blog berlaku istilah, "konten adalah raja.!"

- Gunakan sosial media untuk menyebarluaskan tulisan-tulisan yang telah di posting sebagai media publikasi.

- Gunakan kata kunci, tags, dan usahakan menggunakan template yang friendly / ramah di search engine, serta responsive.

- Akan lebih baik kalau dalam blog tersebut menyediakan fasilitas berlangganan / RSS subscription, feedburner, sitemap/ daftar isi, artikel populer yang sering dikunjungi.

- Gunakan link terkait antara artikel satu dengan artikel lainnya. Gunakan gambar beserta tags gambar agar artikel lebih menarik.

- Bila blog tersebut menjadi publisher iklan, tempatkan iklan dengan bijaksana atau tidak semraut, dan tentukan kembali sasaran dan jenis iklan yang akan di publish. Pengunjung blog pada dasarnya tidak terarik dengan blog yang terlalu banyak iklan, dan iklan yang tidak nyambung. Faktanya, sebagian besar pengunjung akan langsung menutup blog tersebut apabila dia melihat iklan yang tidak sesuai dengan mereka, kemudian memutuskan tidak akan berkunjung lagi kedepannya, kecuali secara terpaksa karena ada yang mereka cari, atau tidak secara sengaja.

- Sabar dengan perkembangan blog dengan tetap terus memberikan nilai tambah positif dan berguna pada pengunjung. Jangan pernah bosan, dan kalau memungkinkan jawab semua pertanyaan yang masuk. Cantumkan kontak atau form agar mudah dihubungi oleh pengunjung setia, sehingga pengunjung merasa diistimewakan.

- Gunakan judul menarik dan yang menimbulkan rasa penasaran pada setiap tulisan yang disajikan.

- Kenali rekan blogger lebih dalam. Jaga hubungan baik, dan jangan pernah mengecilkan mereka sedikitpun, karena mereka itu adalah aset blog kita, dan karena mereka jugalah blog kita menjadi pupoler.

- Tetaplah terus belajar dari blogger-blogger profesional senior. Pelajari ilmu mereka, dan jadikan mereka sebagai mentor blog kita, tentunya dengan cara yang menyenangkan mereka, sehingga mereka bersedia membina kita, atau mungkin kita bisa dengan sedikit investasi guna mendapatkan tips-tips yang akan menunjang karir kita di dunia blogging ini...

Itulah berbagai tips yang bisa disimpulkan dari apa-apa yang telah di tulis oleh Daniel Scocco yang di ulas di blog beliau, http://danielscocco.com/ . Ada yang mau nambahin ? :)
Share This:    Facebook  Twitter  Google+

12 komentar:

  1. Banyak ilmu yang didapatkan dihari ini dari tulisan sahabat diatas mengenai bagaimana menjadi seorang blogger yang sukses.Semangat dan pantang menyerah untuk selalu belajar dan belajar serta memperbaiki segala hal yang masih dirasa kurang serta menjadikan konten yang bagus dan berkualitas itu adalah bagian yang penting yang tidak boleh diabaikan oleh seorang blogger.Salam kenal dan salam persahabatan

    BalasHapus
  2. Nice artikel..ini wajib dibaca oleh setiap blogger yang ingin menjadi blogger sukses..thanks for sharing

    BalasHapus
  3. penjelasannya lengkap banget mas, untuk melengkapi setiap kekurangan untuk menuju sukses bukan perkara yang mudah ya, bisa diitung jari apa saja yang baru saja saya lakukan dan itu masih kurang :)

    BalasHapus
  4. hm, kirakira saya sudah jadi blogger sukses belum ya hehe

    BalasHapus
  5. semoga saya bisa jadi blogger yg sukses nih. salam kenal.blogwalking

    BalasHapus
  6. Semoga dengan tips di atas saya sebagai seorang pemula bisa menjadi blogger yang sukses ke depannya hehehehe

    BalasHapus
  7. Saya juga salut tuh ama alexa mbak ririn, cepat sekali ririnx.blogspot dan cara-ririn, thx sobat tipsnya menambah wawasan

    BalasHapus
  8. Kebetulan sy pngen skli blog sy sukses... boleh saya coba gan caranya diatas ..

    BalasHapus
  9. kalau kita bisa menerapkan tips ini, pasti kita bisa sukses dalam dunia blogging ya mas, dan bisa jadi blogger sukses dan terkenal. Wah pasti bisa jadi artis dunia maya ya mas hehehe :D

    BalasHapus
  10. Yang pasti juga kalau dibuka di hp susah itu juga bikin pegel mas...Tapi memang harus banyak trik ya mas siapa sih yang tidak ingin blognya tenar..saya juga

    BalasHapus
  11. top mas bro, tetap semangat jadi seorang blogger

    BalasHapus
  12. tulisan yg bermanfaat..

    BalasHapus