Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Jumat, 03 Januari 2014

Tipe blogger manakah anda?

           16 comments   
Tipe blogger manakah anda?

Ada satu hal yang menarik perhatian saya tentang aktifitas blogging. Sebuah kesimpulan yang saya anggap bisa mewakili bagaimana tipe seorang blogger berdasarkan tulisan-tulisan mereka.

Kesimpulan ini saya kemukakan berdasarkan pengamatan satu tahun belakangan, karena dari sekian banyak blog yang saya kunjungi itu, yang jelas masing-masing dari mereka itu mempunyai kemiripan dan keunikan satu sama lainnya, baik dari segi materi penulisan, maupun performa blog mereka.

Adapun tipe-tipe blogger tersebut diantaranya :

1. Easy

Tipe blogger ini menganggap sebuah blog itu hanya media alternatif, atau sebagai sarana ganti-ganti tempat bercerita tentang apa yang dirasakan. Dalam tema pun cendrung tidak mengarah pada suatu topik khusus yang butuh penjabaran secara ilmiah. Mereka memperlakukan blog itu mirip dengan memperlakukan jejaring sosial yang mereka miliki. Umumnya tipe blogger seperti ini hanya menampilkan atau menonjolkan sisi positif yang menurut mereka seru dan mengasyikan. Dalam humor, blogger ini cendrung pada humor-humor segar bersifat spontan.

Tipe blogger ini anti terhadap isu-isu sensitif, serta tidak menyukai tulisan-tulisan yang berbau kontroversi. Pada umumnya, di dunia maya mereka ini cendrung bersikap ramah dan menyenangkan. Kalaupun mengkritik atau berkomentar pada blog lain, atau sentilan kecil sesama sesama rekan blogger, mereka lebih cendrung dalam memperhartikan tata bahasa yang menyenangkan. Mereka berpaham, "lebih baik tidak berkomentar sama sekali jika komentar mereka itu dirasa tajam dan menyinggung pihak tertentu !"

Ciri lain dari tipe ini, mereka tidak segan-segan menerima berbagai komentar yang masuk di blog mereka. Kecendrungan lain, bila ada komentar kepada mereka yang dirasa menyinggung, mereka terlatih untuk tetap sopan serta tidak berusaha untuk membalas.

Biasanya blogger seperti ini sering membebaskan siapa saja yang berkomentar, tanpa menfilter komentar-komentar masuk yang layak ditampilkan atau tidak, karena dari awalnya mereka sudah terpola bahwa dunia blog itu adalah dunia yang menyenangkan, dan tempat mencari kawan.

2. Konservatif

Tipe blogger ini cendrung menyajikan sesuatu yang benar menurut mereka. Umumnya mereka tidak peduli terhadap masukan, pendapat dan kritikan, karena secara tidak sadar mereka telah mempersempit ruang itu. Mereka hanya terfokus pada apa yang mereka anggap benar. Umumnya mereka menulis tentang hal yang menyangkut prinsip, pemahaman dan cara pandang terhadap suatu objek.

Dalam segi pengungkapan, mereka cendrung melampirkan referensi pendukung yang mereka anggap ilmiah dan bisa dijadikan pegangan. Mereka beranggapan, menulis tanpa data dan persiapan itu sama dengan bunuh diri. Bahkan untuk tulisan-tulisan tertentu, mereka cendrung lebih idealis, bahkan tendensius. Blogger tipe konservatif ini sangat respon terhadap kalangan yang sepemikiran dengan mereka, dimana satu sama lainnya saling terikat dalam komunitas tertentu yang mempunyai kecendrungan minat yang sama.

Dalam bersosialisasi terhadap sesama blogger, mereka lebih selektif, sehingga adakalanya mereka tidak butuh diskusi dengan yang tidak satu tipe dengan mereka. Blogger ini dari awal-awal sudah mulai memproteksi diri mereka dengan memfilter, bahkan menghapus sebuah komentar yang dirasa tidak sesuai dan tidak ideal menurut mereka. Hubungan sesama mereka cendrung lebih erat dibanding dengan blogger tipe easy, bahkan bisa berlanjut ke dunia nyata. Sisi positif dari blogger tipe konservatif ini, mereka lebih konsisten. Kecendrungan yang lain, tipe blogger ini sangat senang apabila tulisan mereka di jadikan rujuan, bahkan copy-paste sekalipun..

3. Hunting

Blogger hunting adalah blogger yang tujuan utama mereka berburu sumber daya, bisa jadi dalam bentuk materi, bisa juga dalam bentuk popularitas. Blogger tipe ini sangat menomor-satu kan rating blog untuk sebuah tujuan tertentu. Dalam penyajian mereka sangat fleksibel, bahkan lebih longgar dibantingkan dengan tipe easy. Apa saja yang mereka sajikan tetap berorientasi dengan traffic pengunjung.

Untuk materi penulisan, mereka lebih mirip dengan tipe konservatif, dimana mereka butuh data yang benar-benar valid dan terukur. Yang membedakan adalah mereka tidak terlalu fokus dalam penekanan terhadap tulisan tersebut. Mereka akan berusaha bagaimana tulisan yang disajikan tersebut unik dan semenarik mungkin, sehingga menimbulkan suatu daya tarik sendiri, atau bisa dengan konsep lain yang lain dibumbui judul yang sangat provokasi. Tujuan mereka adalah bagaimana bisa menjual tulisan mereka, atau hal-hal terkandung dalam materi tulisan mereka bisa laku selaris mungkin, sehingga diharapkan pengunjung bisa betah berlama-lama di blog mereka.

Dalam bersosialiasi di dunia blogger, mereka sedikit lebih pasif, karena pada dasarnya tipe blogger seperti ini tidak peduli dengan isi dan tujuan komentar. Mereka tidak mau fokus dengan apapun yang masuk ke form komentar mereka, karena mereka memang tidak tertarik untuk itu. Kalau pun membalas komentar pengunjung, mereka cendrung membalas seadanya, tapi tetap menjaga hubungan baik walau terkadang hanya balasan basa-basi.

4. Natural

Blogger ‘natural’ adalah blogger yang murni berbagi suatu hal yang bersifat ilmiah. Walaupun ada motif dan tujuan lain dalam pengelolaan blog mereka, mereka tetap komit terhadap topik yang benar-benar mereka kuasai sepenuhnya. Umumnya blogger ini sangat analitis, atau mengutamakan ketajaman analisa. Mereka tidak menyukai suatu hal yang bersifat tidak pasti, atau bermain dengan rasa. Jangan heran, terkadang kesan yang ditimbulkan oleh blogger ini adalah sombong dan sedikit arogan.

Blogger ‘natural’ ini sensitif terhadap kebenaran suatu fakta yang berkaitan dengan bidang mereka. Jadi jangan sesekali kita berdiskusi dengan mereka dengan tidak menggunakan data, atau asal bunyi. Mereka akan sangat antusias apabila kita bisa mengkritik materi mereka dengan menggunakan dasar ilmiah, tetapi tetap dalam pengungkapan yang sopan. Pada dasarnya mereka ini senang untuk berdiskusi. Sisi positif dari blogger ini adalah mereka cendrung lebih sportif bila mereka benar-benar tidak mengetahui, serta sangat anti terhadap plagiatrisme. Mereka juga tidak segan-segan dalam merinci secara detil dari mana mereka mendapatkan referensi untuk menguatkan materi penulisan mereka.

5. Oportunis atau Blogger Brengsek

Blogger seperti ini kita sudah sama-sama tau. Mereka hanya mencari popularitas dengan copy-paste sana sini, kemudian meng-klaim bahwa materi penulisan itu berasal dari mereka. Lebih parahnya, mereka mempublikasikan dengan edit-edit sedikit, bahkan menjual sebuah karya atau hak cipta blogger lain untuk mencari keuntungan pribadi, tanpa konfirmasi dulu ke yang punya hak cipta tersebut. Lucunya, seringkali karya yang di komersilkan oleh blogger brengsek ini justru malah digratiskan oleh si pembuat. :)

————–

Itulah tipe-tipe blogger yang saya amati. Tetapi ini tidak bersifat mutlak. Adakalanya seorang blogger tersebut memililki tipe campuran, seperti blogger yang dominan mempunyai tipe ‘easy’ tapi juga memiliki tipe ‘natural’, atau tipe natural yang juga bertipe ‘konservatif’.

Apapun jenis tipe kita sebagai seorang blogger , masing-masing tetap mempunyai sisi plus-minus sendiri, dan tidak ada yang mutlak sempuna satu sama lainnya. Yang penting adalah bagaimana seorang blogger itu tetap konsisten untuk saling berbagi dalam hal yang baik-baik, serta tetap beranggapan bahwa menulis itu hal yang benar-benar positif dan mencerdaskan.

Ada yang mau tambahin ? :)

*Pengantar di tahun 2014
Share This:    Facebook  Twitter  Google+

16 komentar:

  1. agaknya blog saya yang mana satu ya?

    BalasHapus
  2. bingung juga kalo menilai diri sendiri, saya masuk blogger yang mana mas :D

    BalasHapus
  3. Saya masuk yang mana ya? Tapi sepertinya bukan blogger oportunis. :D

    BalasHapus
  4. mungkin saya masuk Tipe Easy, tapi nggak tahu juga . yang pasti saya jarang banget Update..salam kenal Mas!

    BalasHapus
  5. haha.. sepertinya memang betul apa yang dikatakan mas Hari, tapi biarlah orang yang menilai hehe

    BalasHapus
  6. kalau saya masuk yang mana ya....

    BalasHapus
  7. ah, sepertinya saya tipe easy. ah, tapi kadang perpaduan juga dari semua. hehehe.. tapi yang paling penting sih jangan jadi tipe yang kelima dah

    BalasHapus
  8. masih bingung blog aku masuk yg mana, yg pasti bukan yg type copy paste atau anti kritikan yaa...

    BalasHapus
  9. sepertinya saya easy.. soalnya blog saya campur aduk persis gado-gado,hehehe

    BalasHapus
  10. kalau saya campur aduk dech..... :-)

    BalasHapus
  11. Kalau saya tipe blogger campur aduk, dapat pengetahuan, tulis dan share

    BalasHapus
  12. saya tambahin satu lagi mas, tipe ilang timbul. blogger yang sukanya update posting gak rutin dan blogwalking seadanya. Saya termasuk kayaknya :D

    BalasHapus
  13. Saya tipe mana ya ? Mungkin campuran. Setiap orang tentu punya alasan tersendiri untuk eksis di dunia blogger.

    BalasHapus
  14. Terima kasih informasinya GAN!!!!update juga tipe komentator :D

    BalasHapus
  15. saya termasuk blogger mana ya? kayaknya saya campur-campur, tapi saya tidak termasuk blogger yang nomer 4 :)

    BalasHapus
  16. sory, maksudnya tidak termasuk yang nomer 5 pak. yang brengsek itu

    BalasHapus