Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Jumat, 12 Desember 2014

Gelar CA Bagi Akuntan Register Negara

           No comments   
Bagi pemegang Register Akuntan Negara, buruan segera registrasi ulang, sekalian urus gelar profesional baru CA ( Chartered Accountant ), yang bukan saja sekadar gelar normatif, namun sudah menjadi seorang profesional dan bisa di pertanggungjawabkan.

Gelar CA ini diberikan seba­gai pengakuan kepada akuntan bersangkutan, yang telah men­jaga kompetensi dan skill mereka untuk menjalankan tugas sebagai profesional. Dalam hal ini kemampuan paling penting yang akan dimiliki akuntan profesional, selain menyusun laporan keuangan adalah ke­mam­puan berpikir kritis dan adjustment yang kuat.




Dengan kata lain, CA adalah sebuah pengakuan untuk seorang akuntan profesional di bidangnya, sehingga seseorang itu bergelar, seperti : Rezki Rifai, SE, Ak, CA atau Agung Fitrial, SE, Ak, CA

Fungsi dan kegunaan Chartered Accountant :

  1. Memberi nilai tambah kepada Akuntan yang telah memegang Register Negara.

  2. Mentaati Statement Membership Obligations & Guidelines International Federation of Accountants (FAC).

  3. Persiapan dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015

  4. Persiapan menyongsong RUU tentang Pelaporan Keuangan,

  5. Seorang yang telah mempunyai gelar CA diizinkan untuk mendirikan Konsultan Jasa Akuntansi (KJA), kecuali jasa asurans (audit). Sehingga dengan begitu CA telah mempunyai wadah hukum yang jelas, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 25, Tahun 2014.

  6. Serta banyak fungsi dan kegunaan lainnya.
Untuk permohonan menjadi Anggota Utama / Penerima Sertifikat CA Ikatan Akuntan Indonesia,  dapat diajukan langsung di kantor IAI Pusat, 30 IAI Wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, maupun Knowledge Center IAI. Bisa dilihat di : http://www.iaiglobal.or.id/v02/chartered_accountant/

Ok, langsung saja. Bagi rekan-rekan akuntan yang berdomisili di Sumatra Barat, atau dimanapun yang ingin mengurus langsung melalui perwakilan Ikatan Akutan Indonesia Sumatra Barat, bisa datang ke :

Sekretariat IAI Sumbar
Gedung BPKP Perwakilan Sumatra Barat, Lt.2
Jl. ByPass KM.14, Aie Pacah – Padang (25177).

Persyaratan :
  1. Copy Ijazah
  2. opy Register Akuntan Negara
  3. Pas photo warna 3×4 , latar belakang merah
  4. Copy pengalaman bekerja di bidang akuntansi, keuangan, auditing, atau semua yang terkait dengan hal tersebut. Minimal pengalaman 3 tahun.
  5. Mengisi form yang disediakan.
Catatan:

Pemegang Register Akuntan Negara secara otomatis akan mendapatkan gelar Chartered Accountant setelah registrasi dan mendaftar kembali ke IAI sebelum tanggal 31 Desember 2014. Lewat dari tanggal tersebut akan diberlakukan ujian sertifikasi khusus oleh Ikatan Akuntan Indonesia, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Buruan, masih ada waktu beberapa minggu lagi sebelum 31 Desember 2014 ! :)
Share This:    Facebook  Twitter  Google+

0 komentar:

Posting Komentar