Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Kamis, 11 Juni 2015

Semblihan

           No comments   
Berkunjung ke fb nya bang Firdaus Oyon. Tidak sengaja saya menemukan beberapa foto dokumentasi kegiatan "Qurban Untuk Dhuafa", yang bertepatan pada Idul Adha 1435 H, atau 4 Oktober 2014 lewat.

Setelah melihat foto-foto itu, saya jadi ingat kalau saya pernah ditawari untuk menyemblih langsung hewan qurban tersebut. Saya bebas memilih sapi atau kambing. Namun saat itu saya belum siap. Disamping belum pengalaman, saya juga belum paham betul bagaimana teknik penyemblihan hewan yang benar itu sesuai sunnah.

Saya hanya terlibat pada proses berikutnya, seperti menguliti, membersihkan isi bagian dalam qurban, memotong dan memilah jenis daging sebelum didistribusikan ke masyarakat. Saya berpikiran, kasihan kalau hewan qurban tersebut disemblih hanya sekedar untuk coba-coba, tanpa mengerti betul bagaimana ilmunya.

Ada sebuah dalil mengenai semblihan yang cukup membuat saya terkesan ;

"............. jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya." (HR. Muslim)

Tidak hanya kepada sesama manusia, ke hewan yang akan disemblihpun kita harus berbuat baik. Semoga saja saya punya kesempatan lagi untuk bisa berperan lebih, serta merasakan kembali apa hikmah sebenarnya dari perayaan Hari Raya Qurban (Idul Adha) itu kedepannya.

Syukran buat teman-teman As Sunnah Padang atas kebersamaannya.
Share This:    Facebook  Twitter  Google+

0 komentar:

Posting Komentar