Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Minggu, 27 September 2015

Blog dan Jurnalisme..

Blog dan Jurnalisme..
Di masa depan, blog tidak hanya akan berisi jurnalisme single-source atau sekadar opini. Jurnalisme dengan standar yang bagus bisa muncul dari sini, lebih bagus dari media konvensional. Blog memudahkan wartawan “menerbitkan” karya jurnalistiknya tanpa saluran konvensional (mencetak dan menyiarkan).

Tapi, bagus atau tidak, kredibel atau tidak, karya jurnalisme dalam sebuah blog akan teruji oleh waktu, dan dinilai berdasar standar jurnalistik yang lazim. Jurnalisme adalah jurnalisme. Dan blog hanya medium. Tapi, mungkin kata-kata Marshall McLuhan berlaku di sini: "medium is the message". Blog adalah medium yang mengubah kebiasaan membaca dan menulis, mengirim dan menerima informasi. ~Farid Gaban~
****

Saya masih mencari padanan kata yang cocok, bagaimana saya bisa mengkaitkan 2 paragraf di atas dengan keberadaan blog ini.. :)
Share This:    Facebook  Twitter  Google+

4 komentar:

  1. menurut saya, blog ini adalah satu bentuk yang baru dari jurnalisme sih. Karena setiap orang bisa menuliskan sesuatu, tanpa mengirim ke media terlebih dahulu. Apalagi ada kemungkinan blogger memiliki pembaca yang cukup banyak juga :)

    Benar mas Fahmi. Sekarang tinggal di adminnya. Apa konsisten manulis dengan opini yang faktual, atau malah hilang begitu saja seiiring tenggelamnya blog tersebut dalam hingarnya sosial media.. :)

    BalasHapus
  2. Nulis di blog menurutku lebih bebas berekspresi. Daripada masih ribet ama standar2 yang diterapkan untuk lolos terbit di media cetak atau elektronik. Heheh



    Benar mas, kadang standar yang ditetapkan penerbitpun kurang bergitu jelas .. :)

    BalasHapus
  3. Soal kedua paragraf, mungkin 'sudah' dan 'sedang' (alias 'masih') :) Soal blog, karena sifatnya yang lebih personal, sepertinya di sini kita bisa lebih bebas dari 'kepentingan institusional' ya?



    Iya mas.. mirip-mirip karyawan profesional yang bagaimanapun tetap saja tidak se fleksibel pekerja profesional yang solo karier.. :)

    BalasHapus
  4. Ya dengan nge-blog, seseorang bisa dikatakan sebagai "Freelancer Journalist", itu sih hanya istilah yang saya karang-karang sendiri saja. :lol:

    Tapi saya setuju bahwa saat ini dunia blogging sedikit terpengaruh dengan maraknya media sosial. Hanya tergantung bagaimana kita saja. Apakah bisa melihat itu sebagai peluang? ;)



    Sip, yang pasti dengan blog resiko kena tendang kaya di fb bakalan lebih minim seperti kebanyakan kasus selama ini.. :D

    BalasHapus