Random

Memuat...

Silahkan ketik keyword Anda

Arsip

Rabu, 11 Januari 2017

HOAX


Menghadapi fenomena hoax, sekarang yang penting itu bagaimana kita bisa paham dan arif dalam menyikapi sebuah informasi. Itu saja. Bukan kenapa-napa, saya tertarik saja dengan wacana pemerintah yang akan mengambil tindakan nyata dalam melawan hoax. Terutama hoax yang sering beredar di sosmed dan beberapa situs yang diduga sebagai penyebar kebencian. Disini

Kalau mau jujur, sebenarnya media-media mainstream sekarang banyak juga yang menjadi penyebar hoax. Caranya beragam, salah satunya bisa dengan pengungkapan fakta yang diplintir-plintir. Hanya karena dianggap kredibel, hoax yang mereka sebarpun cendrung luput dari perhatian.

Berita Hoax

Nah, agar jangan sampai menjadi korban hoax, disini diperlukan sekali kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak langsung percaya saja terhadap sebuah informasi sebelum di klarifikasi, atau istilahnya tabayyun dulu. Klarifikasi ini sebenarnya tidaklah sulit, apalagi dengan perkembangan kemajuan teknologi sekarang. Misal, ketika terkoneksi internet cukup search & enter. Setidaknya untuk tahap awal kita sudah bisa dapatkan gambaran informasi lain yang saling terkait sebagai pembanding, walaupun kebenarannya masih belum bisa di bilang mutlak.

Selain itu yang perlu diusahakan adalah bagaimana kampanye dan sosialisasi hoax tersebut juga menanamkan kebiasaan kepada masyarakat agar dalam menyerap informasi, cukup pilih yang hal-hal yang bermanfaat saja. Maksudnya disini adalah ajakan agar mengkonsumsi berita hanya kepada hal mempunyai nilai tambah. Minimal informasi yang bisa membuat pikiran menjadi tenang dan hati menjadi senang.

Sebagai pengingat. Seandainya saja semua informasi yang beredar itu benar (bukan hoax), kalau hanya akan bikin mood kita jadi rusuh dan semrawut, sebaiknya tinggalkan saja. Tidak ada juga gunanya kita selalu harus tahu detil terhadap isu yang beredar. Tidak penting. 

Mudah-mudahan saja saya tidak salah. Kalau seandainya ini dirasa tidak sesuai, mohon diabaikan. Tidak usah ditanghapi, atau anggap saja ini sebagai tulisa hoax. He he he..




Share This:    Facebook  Twitter  Google+

0 komentar:

Posting Komentar